header-int

SMA Negeri 1 Kawali Ciamis, Entin Masuk Parlemen Remaja 2019

Jumat, 27 Mar 2020, 21:11:41 WIB - 4 View
Share
SMA Negeri 1 Kawali Ciamis, Entin Masuk Parlemen Remaja 2019

Entin Suhartini, siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, terpilih sebagai Parlemen Remaja tahun 2019, mewakili  Daerah Pemilihan Jawa Barat (Dapil) X.

Ketika ditemui Koran HR, Selasa (27/08/2019), Entin mengatakan, untuk bisa lolos dan terpilih menjadi anggota Parlemen Remaja tahun 2019, banyak syarat-syarat yang harus dipenuhinya.

“Yakni membuat esai dan konten vidio dengan tema pengurangan/ pengendalian penggunaan plastik sekali pakai,” katanya.

Menurut Entin, bicara sampah plastik sekali pakai, pembatasannya tidak saja akan berdampak bagi kelangsungan lingkungan. Tapi secara luas juga berpotensi membangkitkan industri lokal yang memproduksi produk pengganti plastik sekali pakai.

Walaupun tidak 100% menghilangkan sampah plastik, kata Entin, setidaknya dapat berkurang. Untuk mengurangi penggunaaan plastik sekali pakai, juga bisa dengan memanfaatkan bahan pengganti  misal, batok kelapa untuk wadah makanan dan minuman.

“Ini sekaligus dapat membangkitkan industri kecil atau UMKM yang memproduksi peralatan ramah lingkungan tersebut,”katanya.

Entin mengatakan, masalah sampah di berbagai kota, khususnya di Jawa Barat, dapat dipecahkan dengan baik apabila peran aktif masyarakat meningkat. Dalam arti lain, juga perlu adanya pengelolaan sampah dengan basis komunal.

Sebab, lanjut Entin, sebenarnya juga terletak pada rantai proses di tingkat rumah tangga dan di tingkat kelurahan/ desa yang melibatkan langsung masyarakat sebagai pengelola plus.

Tanpa system komunal, Entin menambahkan, mustahil dapat diatasi dengan tuntas atau berkelanjutan. Hal ini ditujukan untuk membudayakan cara membuang sampah, pemanfaatan sampah organik dan anorganik secara maksimal.

“Dengan harapan dapat menciptakan usaha baru di tingkat masyarakat, yang akhirnya akan memandirikan masyarakat dalam mengelola sampahnya sendiri,” tandasnya.

Pembina Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH), Entat Rosmiati, Dra. M.Pd, menjelaskan, Parlemen Remaja adalah Program pelatihan dan Pendidikan Demokrasi yang diselenggarakan skretariat Jendral dan Badan ahli DPR RI.

Menurut Entat, peserta yang terpilih, Entin Suhartini, pada tanggal 02-06  September  tahun 2019 akan berangkat ke Jakarta untuk mendapat pembekalan materi dari anggota DPR RI  dan para Pakar.

“Termasuk pelatihan simulasi sidang-sidang DPR RI. Alhamdulilah, salah satu siswa SMA Negeri 1 Kawali, terpilih jadi Parlemen Remaja, mewakili Dapil X Jawa Barat,” katanya.

Kepala SMAN 1 Kawali, Drs. H. Suarman Guntara, M.Pd. ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, mengatakan, dengan terpilihnya Entin Suhartini menjadi Parlemen Remaja  tahun 2019, tidak hanya menjadi suatu kebanggaan dirinya. Akan tetapi, juga kebanggaan untuk SMA Negeri 1 Kawali.

Sebab, kata Suarman, terpilihnya menjadi Parlemen Remaja bukan hal yang mudah. Akan harus bersaing dengan puluhan ribu siwa se-Indonesia. Dia menambahkan, mudah-mudahan saja apa yang diraihnya bisa diimplementasikan, baik di lingkungan sekolah  maupun di lingkungan masyarakat.

“Terlebih tema yang dibuatnya berkaitan erat dengan lingkungan hidup,” katanya. (Dji/Koran HR)

(Source: https://www.harapanrakyat.com)

Unidha Visi SMA Negeri 1 Kawali : Unggul dalam prestasi, Kreatif, Berbudaya Lingkungan , Cinta Tanah Air, Responsif terhadap perkembangan IPTEK dan Islami
Misi SMA Negeri 1 Kawali : Meningkatkan mutu pendidikan baik secara akademi, nonakademis dan keterampilan yang diintegrasikan dengan sistem nilai, agama ,budaya dan kemajuan IPTEK.
© 2020 SMA Negeri 1 Kawali Follow SMA Negeri 1 Kawali : Facebook Twitter Youtube